Kesehatan

Cara Cuci Tangan yang Benar Sesuai Standar WHO

Cuci Tangan Yang Benar

Memakai masker memang menjadi salah satu acuan supaya tidak terjangkit virus corona. Tapi kebiasaan mencuci tangan yang justru lebih wajib dilakukan untuk meminimalisir wabah corona. Mungkin terlihat sederhana, namun tahapan mencuci tangan harus dilakukan dengan benar agar tak tertular. Berikut cara cuci tangan yang benar dengan sabun yang perlu kamu perhatikan.

Ini cara cuci tangan yang benar untuk mencegah wabah corona

Mencuci tangan dengan sabun termasuk perilaku hidup sehat yang sudah selayaknya kamu lakukan di keseharian. Namun untuk mencegah masuknya virus corona, kamu wajib mengetahui dan menerapkan langkah-langkah mencuci tangan yang tepat. Tidak asal-asalan mencuci tangan, kamu perlu menaati beberapa aturan cuci tangan yang sudah menjadi standardisasi WHO dan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Pilih sabun cuci tangan yang mengandung alkohol

Sebelum mencuci tangan, pertama kamu perlu mempertimbangkan pemilihan cairan pembersih tangan. Tidak cukup membersihkan tangan dengan hand sanitizer, kamu wajib mencuci tangan secara reguler dengan menggunakan sabun cuci tangan.

Aturan paling mendasar dari WHO adalah mencuci tangan dengan air dan sabun yang mengandung alkohol. Bahkan untuk menghilangkan bakteri dan virus secara optimal, sabun yang dipakai harus memiliki kadar alkohol hingga 70 persen. Namun karena kadar yang terlalu tinggi jika sabun tidak ditambahkan pelembab, kulit sensitif terkadang bisa mengalami iritasi. Amannya, kamu bisa menggunakan sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik yang bisa menangkal masuknya kuman dan bakteri.

Cara cuci tangan yang benar menurut WHO

WHO yang diikuti dengan Kementerian Kesehatan menindaklanjuti rekomendasi yang paling mudah dalam menangkal wabah corona yaitu mencuci tangan dengan langkah tepat. Tidak lagi menjadi kebiasaan yang suka dilupakan, untuk menangkal virus pandemik ini kamu wajib membersihkan tangan secara rutin.

Berikut cara mencuci tangan yang disarankan oleh WHO untuk mencegah penularan virus corona:

– Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir

– Pakai sabun yang mengandung alkohol atau antiseptik secukupnya di telapak tangan

– Usap dan gosokkan kedua telapak tangan dengan arah memutar hingga merata

– Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian

– Bersihkan juga bagian sela-sela jari

– Gosok punggung jari dengan jari saling bertautan dalam posisi mengunci

– Letakkan ujung jari pada telapak tangan dan gosok perlahan

– Bilas tangan dengan air mengalir hingga bersih

– Keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk sekali pakai

– Gunakan tisu atau handuk sekali pakai untuk membersihkan sela-sela keran air

Fakta menarik berkaitan dengan mencuci tangan

Mencuci tangan dengan aturan yang diterapkan oleh WHO tentunya menjadi salah satu kewajiban yang perlu dilakukan untuk mengatasi berkembangnya wabah corona. Tidak hanya itu, menjaga kondisi tangan tetap bersih dapat menangkal berbagai penyakit serta menghindari penyebaran bakteri dan kuman kepada orang lain.

Ada beberapa fakta yang wajib diketahui perihal cuci tangan:

– Kondisi tangan yang basah menyebar 1000 kali lebih banyak daripada tangan yang kering. Karena itulah, sangat penting buat kamu untuk mengeringkan tangan dengan tisu sekali pakai setelah mencuci tangan.

– Mencuci tangan dengan sabun dalam kondisi air mengalir dapat menurunkan risiko terkena penyakit sebanyak 50 persen. Gunakanlah sabun yang mengandung bahan kimia seperti alkohol dan klorin yang ampuh membunuh bakteri.

– U.S Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk mencuci tangan setelah batuk atau bersin, setelah melakukan kontak dengan hewan dan menyentuh sampah. Selain itu, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta sehabis menggunakan toilet haruslah menjadi kebiasaan rutin.

Nah, setelah kamu mengetahui bagaimana cara mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO. Maka diterapkan dikehidupan sehari hari ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *