Kesehatan

Fakta Desinfektan yang Penting Diketahui

Desinfektan

Ditengah-tengah pandemik yang sekarang sedang melanda tanah air, kesadaran masyarakat untuk saling menjaga kebersihan dan kesehatan sangat dibutuhkan. Salah satu upaya untuk cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tersebut dengan menggunakan desinfektan. Desinfektan adalah zat yang bisa membantu manusia untuk mencegah penularan berbagai virus seperti covid-19. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut.

Mengenal Desinfektan

Desinfektan adalah zat kimia yang digunakan untuk membasmi kuman dan bakteri pada benda mati. Sehingga persebaran virus bisa dicegah. Barang seperti pintu terutama pegangan pintu, atm, dan uang merupakan sarang bakteri dan kuman. Kuman dan bakteri ini bisa menempel pada tangan dengan mudah. Saat tangan yang terkontaminasi tersebut menyentuh area wajah, virus bisa masuk dengan mudah.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan desinfektan agar kebersihan lingkungan lebih terjaga. Disinfektan ini tidak sama dengan antiseptik. Memang fungsinya untuk membasmi kuman dan bakteri namun, tidak untuk digunakan pada manusia. Hal ini karena ada zat kimia yang berbahaya jika mengenai kulit manusia apalagi sampai ada yang masuk ke dalam tubuh.

Jadi penggunaan desinfektan hanya khusus pada benda mati saja. Sangat berbahaya jika disemprotkan atau digunakan pada tubuh manusia. Jika mengenai mata maka bisa berujung kebutaan. Masih banyak orang yang salah mengerti dengan ini dan dengan sembrono menyemprotkan desinfektan pada manusia. Untuk tubuh agar lebih steril setelah dari tempat umum yang digunakan adalah antiseptik.

Jadi bagi yang akan menggunakan desinfektan di kehidupan sehari-hari harus tahu dulu fungsi utamanya. Sekali lagi ditekankan di sini, bahwa desinfektan adalah zat kimia pembasmi bakteri dan kuman hanya pada benda mati saja. Tidak bisa membunuh atau menangkal virus, hanya bentuk pencegahan agar penularan virus apa saja bukan hanya covid-19 bisa dihambat atau diputus.

Pastikan untuk menjauhkan desinfektan ini dari tubuh manusia. Jangan sampai manusia dan makhluk hidup lain terkena desinfektan karena efeknya sangat berbahaya. Saat melakukan penyemprotan gunakan perlengkapan yang memadai. Perhatikan ventilasi udara agar sirkulasi udara bisa berjalan baik, sehingga desinfektan tidak mengendap di dalam ruangan.

Cara Aman Menggunakan Desinfektan

Jika menggunakan desinfektan pada makhluk hidup tentu ini sangat tidak disarankan. Desinfektan adalah zat kimia yang mengandung senyawa berbahaya bagi makhluk hidup. Manusia sangat disarankan tidak menggunakan zat ini untuk mensterilkan diri. Hanya permukaan benda mati yang boleh diberi desinfektan ini.

Dengan menyemprotkan benda mati disekitar lingkungan maka virus dan mikroorganisme yang menempel pada benda mati bisa dihilangkan. Sayangnya penggunaan ini juga bisa merugikan. Saat melakukan penyemprotan desinfektan pada lingkungan sekitar, maka semua mikroorganisme akan mati. Termasuk mikroorganisme yang berfungsi untuk mengurai sampah.

Bahkan mikroorganisme yang bisa mengurai zat desinfektan itu sendiri juga ikut terbasmi. Jika demikian maka desinfektan akan lebih lama menempel pada permukaan tanah, yang akan diserap tanaman. Tanaman yang mengandung desinfektan dimakan hewan dan akan berujung pada manusia.

Jika demikian maka keselamatan manusia pun ikut terancam. Maka disarankan untuk menggunakan desinfektan setidaknya satu kali saja dalam satu minggu. Jangan setiap hari melakukan penyemprotan disinfektan. Kecuali pada ruangan di rumah sakit.

Penyemprotan pada ruangan pun harus memperhatikan ventilasi. Hal ini guna mencegah manusia yang ada dalam ruangan menghirup desinfektan yang menempel pada benda-benda di ruangan. Bagi yang melakukan penyemprotan sangat disarankan untuk menggunakan penutup wajah dan sarung tangan.

Itulah sedikit ulasan mengenai desinfektan yang penting untuk diketahui. Mari bersama memutus persebaran virus corona dengan menerapkan hidup sehat dan bersih. Disiplin mengikuti protokol kesehatan demi keluarga dan kerabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *