Otomotif

Mengapa Harga Mobil Bekas Lebih Murah

Mengapa Harga Mobil Bekas Lebih Murah

Saat ini kebutuhan akan mobil menjadi semakin meningkat bukan hanya untuk keperluan pribadi namun juga untuk keperluan bisnis. Namun karena harga mobil baru yang bisa dibilang sangat mahal, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas karena salah satu faktor yaitu harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil baru.

Nilai Penyusutan Mobil Bekas

Setiap produk yang termasuk ke dalam aset tetap selalu memiliki nilai penyusutan di mana dalam perekonomian, nilai penyusutan akan mengurangi nilai dari aset tersebut. Biasanya produk yang memiliki harga jual lebih mahal memiliki nilai penyusutan contoh salah satunya yaitu mobil baik itu mobil baru dan mobil bekas tidak peduli mereknya.

Nilai penyusutan mobil sebenarnya bergantung pada banyak faktor seperti jangka waktu pemakaian, kondisi mobil, kondisi pasar, baru atau bekas, dan masih banyak lagi. Karena itulah nilai penyusutan setiap mobil berbeda-beda bergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Sudah menjadi hal umum bahwa harga mobil bekas selalu lebih murah dibandingkan oleh harga mobil baru. Hal ini yang menyebabkan banyak orang lebih memilih membeli mobil bekas karena harganya yang jauh lebih murah dengan selisih puluhan hingga ratusan juta di mana nilai ini tidak bisa dibilang sedikit mengingat harga mobil baru relatif sangat mahal.

Faktor yang mempengaruhi mengapa harga mobil bekas bisa lebih murah dibandingkan harga mobil baru karena nilai penyusutan yang berlaku pada mobil bekas. Mobil bekas artinya mobil yang sudah pernah digunakan oleh pemilk sebelumnya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini yang menjadi salah satu faktor yang meningkatkan nilai penyusutan sebuah mobil bekas sehingga harganya bisa lebih murah.

Salah satu keuntungan pemilik mobil bekas adalah nilai penyusutan yang kecil. Mobil baru memiliki nilai penyusutan lebih tinggi dibandingkan nilai penyusutan mobil bekas. Maka dari itu mobil baru yang baru saja digunakan otomatis harganya akan langsung menurun drastis sedangkan mobil bekas yang berpindah tangan ke pemilik baru masih memiliki harga jual yang tinggi karena nilai penyusutannya kecil sehingga bisa dijual kembali dengan harga yag tidak terlalu rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *