Ingat Biaya Berobat ke Dokter Urologi Cukup Mahal, Lebih Baik Mencegah Dibandingkan dengan Mengobati, Terapkan 6 Hal Ini!

Penyakit saluran kemih atau yang dikenal sebagai penyakit urologi merupakan kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Namun tidak perlu khawatir karena memang ada banyak sekali diantara rumah sakit yang ada di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan keberadaan tenaga medis, khususnya adalah dokter spesialis di bidang urologi ini. Estimasi biaya berobat ke dokter urologi ini sendiri juga beragam, tergantung dari rumah sakit yang Anda datangi dan tingkat pengobatan yang dilakukan, apakah hanya menggunakan obat-obatan biasa atau sampai melakukan operasi.

Pada dasarnya kedokteran urologi sendiri jenisnya terbilang banyak, mulai dari pediatrik yang ditujukan khusus untuk anak-anak, kemudian juga ada urologi wanita, urologi pria, neurourologi dan masih banyak lagi diantaranya. Pasien yang datang berobat biasanya akan dirujuk kepada dokter spesialis khusus ini setelah mengetahui jenis penyakit yang dideritanya, sehingga proses pengobatan nantinya juga akan berlangsung secara lebih optimal.

Umumnya penyakit yang menyerang saluran kemih ini sendiri dapat dikenali dari beberapa gejala yang menyertainya, mulai dari intensitas buang air kecil yang tidak wajar, kemudian juga bisa kencing yang disertai dengan rasa sakit, terdapat darah dan juga beberapa zat lain yang seharusnya tidak dibuang oleh tubuh namun ikut terbuang, maka ini mengindikasikan ada yang tidak beres di dalam tubuh Anda. Jadi harus segera menjalani pengobatan.

Sebenarnya penyakit yang berhubungan dengan urologi ini juga sama seperti penyakit yang lainnya, dimana ia dapat dicegah. Berikut ini diantaranya langkah pencegahan yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari penyakit urologi:

  1. Minum air putih secara cukup, hal ini memungkinkan nantinya tubuh tetap terhidrasi dengan baik, karena ternyata dengan kurang asupan cairan di dalam tubuh, maka nantinya akan memperberat kinerja ginjal di dalam menyaring darah, sehingga akibatnya organ tersebut juga mudah sekali mengalami kerusakan. Pastikan minimal minum air putih sebanyak 8 gelas perhari, jika memang aktivitas Anda lebih padat dan banyak, maka jumlahnya bisa ditambah.
  2. Batasi jumlah garam yang dikonsumsi, nyatanya terlalu banyak natrium juga kurang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah, termasuk juga akan memicu penyakit ginjal, jadi harus dibatasi jumlah garam yang Anda konsumsi setiap harinya.
  3. Menjaga berat badan agar tetap berada dalam batas ideal, penting juga bagi siapa saja untuk menjaga berat badan sehingga tetap ideal, karena faktor resiko terkena penyakit urologi juga akan semakin meningkat bagi seseorang yang mengalami obesitas atau kegemukan, sehingga harus berhati-hati.
  4. Hindari minuman beralkohol dan juga rokok, kedua jenis zat ini memang bukan sebuah rahasia lagi bisa memicu beragam masalah kesehatan, termasuk diantaranya adalah menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal, jika terus menerus dikonsumsi.
  5. Jangan biasakan menahan hasrat untuk buang air atau kencing, karena ini dapat menyebabkan penyakit pada saluran kemih, terutama adalah kencing batu, ajarkan juga kebiasaan tidak menahan keinginan untuk buang air kecil ini pada anak-anak.
  6. Penting juga untuk menjaga kebersihan organ intim, baik itu pada pria maupun wanita, untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri dari luar.

Hanya saja jika seandainya sudah terasa masalah kesehatan yang berhubungan dengan urologi ini tentunya harus segera dilakukan pengobatan. Estimasi biaya berobat ke dokter urologi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah tergantung kondisinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *